Pengolahan Sumber Daya Air Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Karangrejo Dusun Gutean Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan

  • Mochamad Mas’ud Universitas Yudarta Pasuruan
  • Rukma Nur Patriya Universitas Yudarta Pasuruan
  • Januar Sasongko Universitas Yudarta Pasuruan

Abstract

Program IbM ini bertujuan untuk. membentuk masyarakat mandiri dan sadar lingkungan dalam mengelolah sumber daya air, Meningkatkan kesejahteran masyarakat dalam pembangunan desa, menciptakan teknologi sistem pengolahan air pipanisasi, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kelompok mitra dalam mengelolah penerapan manejemen pengolahan air, meningkatkan kepedulian kelompok tani dan masyarakat dalam berkehidupan yang sehat, bersih dan aman. Target dalam program IbM ini antara lain . (1) setiap anggota kelompok tani dan posdaya Al-Huda mampu mengolah kebutuhan air, dimana output dari kegiatan ini bermanfaat bagi keperluan masyrakat sosial, keperluan kebutuhan pokok air keluarga (mandi,cuci dan air minum) dan kegiatan usaha komersial. Adanya manajemen  pongolahan  air  bagi  masyarakat  yang  ternaungi  oleh  POSDAYA untuk keperluan rumah tangga sehingga mengurangi  kecemburuan  sosial dalam kebutuhan air tiap keluarga.(2) Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelolah  air.  (3)  menciptakan  kerjasama  atau  kemitraan  antara  pengurus dengan masyarakat sehingga terbentuk komunikasi yang efektif-sehingga program kerja  bisa  berjalan  dengan  baik.  (4)  terbentuknya  kehidupan  masyarakat  yang sehat,  bersih  dan  aman  sebagai  wujud  telah  tercapainya  kebutuhan  air  dan kelestarian  lingkungan.  Metode  pendekatan  yang  dipakai  dalam  kegiatan  ini adalah : (1) Memberikan pelatihan pengolahan manajemen air dalam mendistribusikan  keperluan air tiap keluarga, (2) Membuat serta pendampingan pembuatan  penampungan  dan  distribusi  air  dengan  pipanisasi  bersama-sama dengan kelompok tani dan masyarakat sebagai anggota posdaya, (3) penyuluhan pentingnya   pola   hidup   sehat,   (4)   Pendampingan   dan   pembinaan   terhadap masyarakat terhadap penerapan pola hidup sehat, (5) Pelatihan leadership (kepemimpinan)   bagi  pengurus,  (6)  Pendampingan   dan  pembinaan  terhadap proses   pembentukan   pipanisasi   air,  (7)  Pembuatan   distribusi   pipanisasi   air bersama-sama dengan seluruh anggota kelompok tani dan posdaya (masyarakat)..

Published
Sep 23, 2017
How to Cite
MAS’UD, Mochamad; PATRIYA, Rukma Nur; SASONGKO, Januar. Pengolahan Sumber Daya Air Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Karangrejo Dusun Gutean Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. ENGAGEMENT, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-13, sep. 2017. ISSN 2579-8375. Available at: <http://engagement.kopertais4.or.id/index.php/engagement/article/view/12>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles