Pemberdayaan Mantan Mucikari Melalui Pemanfaatan Sampah Organik dan Non Organik pada Eks Lokalisasi Padang Pasir Rogojampi Banyuwangi

  • Moh. Harun Al Rosid IAIDA Darussalam Banyuwangi
  • Maskur Maskur
  • Mamlukhah Mamlukhah IAIDA Darussalam Banyuwangi
  • Nurul Inayah IAIDA Darussalam Banyuwangi

Abstract

Dampak Penutupan Lokalisasi di Kabupaten Banyuwangi adalah :  Menurunnya tamu mempengaruhi penghasilan warga eks lokalisasi dan berdampak menurunnya penghasilan dari warga yang menggantungkan hidup pada lokalisasi. Warga yang menggantungkan hidup pada lokalisasi selain PSK (Pekerja Seks Komersial) juga ada mucikari. Dan setelah penutupan lokalisasi mantan mucikari yang berada di eks lokalisasi padang pasir Rogojampi tidak mampu lagi berpenghasilan seperti sebelum penutupan lokalisasi. Pada akhirnya sebagian dari mantan mucikari mulai beralih profesi, ada yang mencoba untuk berdagang, mengumpulkan sampah dan menjadi buruh pemilah sampah. Dikarenakan disekitar lokalisasi banyak warga yang menjadi pengumpul sampah maka untuk menambah nilai sampah perlu dilakukan pemberdayaan mantan mucikari melalui pemanfaatan sampah organik dan non organik pada eks lokalisasi Padang Pasir Rogojampi Banyuwangi sebagai upaya untuk meningkatkan penghasilan mantan mucikari yang telah mengalami penurunan penghasilan setelah penutupan lokalisasi.  Dari hasil temuan adalah : Strategi yang dilakukan untuk pemberdayaan mantan mucikari tersebut adalah dengan melakukan pelatihan pembuatan kompos dari sampah organik dan membuat tas, bros, dan gantungan kunci dari sampah non organik. Stakeholder yang terlibat dalam pemberdayaan mantan mucikari tersebut adalah Perangkat desa Karangbendo, perangkat kecamatan Rogojampi dan BPM PD kabupaten Banyuwangi.

Published
Sep 23, 2017
How to Cite
AL ROSID, Moh. Harun et al. Pemberdayaan Mantan Mucikari Melalui Pemanfaatan Sampah Organik dan Non Organik pada Eks Lokalisasi Padang Pasir Rogojampi Banyuwangi. ENGAGEMENT, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 28-47, sep. 2017. ISSN 2579-8375. Available at: <http://engagement.kopertais4.or.id/index.php/engagement/article/view/14>. Date accessed: 18 july 2019.
Section
Articles