Pendampingan Persiapan Psikologis Pranikah Pada Calon Pengantin Melalui Kursus Calon Pengantin Berbasis Komunitas di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya

  • Triana Rosalina Noor stai annajah indonesia mandiri
  • Wenika Agustitia Biro Psikologi “Wenika dan Rekan”, Surabaya

Abstract

Abstrak. Tiap individu berharap pernikahannya bahagia, hal ini dapat dicapai dengan usaha dan kerja keras. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai pernikahan yang bahagia adalah memiliki informasi yang benar mengenai kehidupan pernikahan, dengan demikian dapat memunculkan kesadaran individu bahwa tidak selamanya pernikahan bahagia, dan tidak selamanya pula pernikahan selalu menghadapi masalah. Adanya pengetahuan pranikah akan membuat individu memiliki kesiapan dalam menghadapi dinamika pernikahan, lebih bisa menerima kenyataan hidup pernikahan serta dapat meningkatkan kualitas pernikahan.


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan pada bulan Januari- Maret 2017.  Adapun proses pendampingan psikologis pranikah dilakukan dengan cara menyiapkan buku modul yang berisikan materi terkait kehidupan pernikahan yang akan dibahas dan didiskusikan pada proses pendampingan pada sesi bimbingan konseling. Lokasi penelitian bertempat di RW 1 Kel. Jambangan Surabaya.  Subyek penelitian adalah lima calon pasangan muslim yang akan menikah dalam kurun waktu < 6 bulan dan antara 6-12 bulan.


Hasil penelitian ini adalah bahwa pendampingan persiapan psikologis pranikah bagi pasangan muslim merupakan salah satu cara  yang tepat dalam membantu kemantapan calon pasangan sebelum menikah. Melalui pendampingan yang menggunakan bantuan buku modul dan proses bimbingan konseling, dapat mempermudah calon pasangan dalam membuka wawasan mengenai kehidupan pernikahan sehingga bisa merumuskan bagaimana setting keluarga yang akan mereka bangun.


 


Kata Kunci :  persiapan psikologis, calon pasangan muslim


 

Published
Apr 28, 2018
How to Cite
NOOR, Triana Rosalina; AGUSTITIA, Wenika. Pendampingan Persiapan Psikologis Pranikah Pada Calon Pengantin Melalui Kursus Calon Pengantin Berbasis Komunitas di Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. ENGAGEMENT, [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2018. ISSN 2579-8375. Available at: <http://engagement.kopertais4.or.id/index.php/engagement/article/view/23>. Date accessed: 18 july 2019.
Section
Articles