Pemberdayaan Masyarakat Pantai Melalui Pelatihan Pengemasan Produk Dalam Perspektif Komunikasi Visual di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran

  • Yanti Setianti Universitas Padjadjaran Bandung
  • Hanny Hafiar Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD
  • Priyo Subekti Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD

Abstract

Abstract


Community empowerment is a government program that is currently being promoted to create a creative society by recognizing the potential and existing problems surrounding the environment by exploiting local potential. One of the community empowerment efforts conducted by the PKM team of Public Relations Program of Fikom Unpad is through the training of community empowerment through the introduction of visual communication to design products to be more inviting and attract attention. The participants in this training consisted of youth leaders,  community leaders, and village officials in terms of understanding about community empowerment through creative potential based on local creative training. Objects of activities of these institutions and figures were chosen because they are an important part of formal human resource management that exists in every village government as an element of supporting development activities in the real sector. The Implementation Method starts from the Preparation, Implementation and Evaluation Stage. Implementation using lecture method discussion


 


Keywords: PKM, Community, Empowerment, Local Potency.


 


Abstrak


Pemberdayaan masyarakat merupakan program pemerintah yang pada saat ini sedang digalakkan untuk menciptakan masyarakat yang kreatif dengan mengenali potensi dan masalah yang ada dilingkungan sekitarnya dengan memanfaatkan potensi lokal. Adapun salah satu upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan tim PKM Prodi Humas Fikom Unpad adalah melalui pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui pengenalan komunikasi visual untuk mendesain produk produk agar lebih mengundang dan menarik perhatian. Adapun peserta dalam peleatihan ini terdiri dari Tokoh pemuda, karang taruna, tokoh masyarakat, dan aparat desa dari sisi pemahaman tentang pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan ekonomi kreatif berbasis potensi lokal. Objek kegiatan lembaga dan tokoh ini terpilih karena merupakan bagian penting dalam pengelolaan sumberdaya manusia yang formal yang ada di setiap pemerintahan desa sebagai unsur penunjang kegiatan pembangunan di sektor real. Metode Pelaksanaan dimulai dari Tahap Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Pelaksanaan menggunakan metode ceramah dan diskusi Tanya jawab


 


Kata Kunci : PKM, Masyarakat, Pemberdayaan, Potensi Lokal.

Published
Apr 28, 2018
How to Cite
SETIANTI, Yanti; HAFIAR, Hanny; SUBEKTI, Priyo. Pemberdayaan Masyarakat Pantai Melalui Pelatihan Pengemasan Produk Dalam Perspektif Komunikasi Visual di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. ENGAGEMENT, [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2018. ISSN 2579-8375. Available at: <http://engagement.kopertais4.or.id/index.php/engagement/article/view/41>. Date accessed: 17 july 2019.
Section
Articles